Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran : UKUR TANAH
Kelas /Semester : X /
I
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik penjelasan teknik deskripsi survey pemetaan.
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam mendeskripsikan survey pemetaan.
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi mendeskripsikan survey pemetaan
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip Ukur tanah
|
· Siswa dapat memahami
deskripsi ukur tanah / survey pemetaan
· Siswa dapat memahami
ruang lingkup pekerjaan ukur tanah
|
·
Deskripsi Ukur tanah/ survey pemetaan
·
Ruang lingkup pekerjaan ukur tanah
|
Mengamati
:
·
Mengamati ruang lingkup ukur
tanah
·
Mengamati kajian konsep ukur tanah
Menanya
:
· Mengkondisikan situasi
belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri
tentang deskripsi survey pemetaan.
Pengumpulan
Data :
· Mengumpulkan data yang
dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku,
eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang deskripsi survey
pemetaan.
Mengasosiasi
:
· Meng
· katagorikan data dan
menentukan hubungannya, selanjutnyadisimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai
pada yang lebih kompleks terkait dengan deskripsi survey pemetaan.
Mengkomunikasikan
:
· Menyampaikan hasil
konseptualisasi tentang deskripsi survey pemetaan.
|
Observasi :
· Proses bereksperimen
mendeskripsikan survey pemetaan.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan deskripsi, survey pemetaan.
|
16 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.1 Menelaah prinsip-prinsip
ukur tanah
|
|
|
||||
3.2 Menerapkan jenis-jenis peralatan
survei dan pemetaan
|
Siswa dapat mengidentifikasi peralatan
survey pemetaan tentang :
·
Alat ukur jarak dan alat ukur sederhana
·
Pengenalan alat ukur optik
·
Mengoperasikan alat ukur optik
|
Indentifikasi peralatan survey pemetaan
·
Alat ukur jarak dan alat ukur sederhana
·
Pengenalan alat ukur optik
·
Mengoperasikan alat ukur optik
|
Mengamati :
·
Mengamati peralatan survey pemetaan.
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang identifikasi
peralatan survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang identifikasi peralatan survey pemetaan.
Mengasosiasi :
Mengkatagorikan data dan
menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai
pada yang lebih kompleks terkait dengan identifikasi peralatan survey
pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang identifikasi peralatan survey pemetaan.
|
Observasi :
· Proses bereksperimen
menggunakan peralatan survey pemetaan dan kelengkapannya.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan deskripsi, identifikasi jenis-jenis
peralatan survey pemetaan.
|
16 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.2 Menyajikan jenis-jenis peralatan survey dan pemetaan.
|
|
|
||||
3.3 Menerapkan jenis-jenis pekerjaan survey dan pemetaan.
|
Siswa dapat memahami pekerjaan survey
pemetaan tentang :
·
Pengukuran luas metode titik
koordinat
·
Pengukuran luas metode garis koordinat
·
Pengukuran pekerjaan konstruksi
·
Pengukuran bangunan air
·
Pengukuran jalan
·
Pemasangan papan duga
·
Pencatatan hasil
·
Pelaporan hasil pengukuran
|
Identifikasi Pekerjaan survey Pemetaan
·
Pengukuran luas metode titik
koordinat
·
Pengukuran luas metode garis koordinat
·
Pengukuran pekerjaan konstruksi
·
Pengukuran bangunan air
·
Pengukuran jalan
·
Pemasangan papan duga
·
Pencatatan hasil
·
Pelaporan hasil pengukuran
|
Mengamati :
·
Mengamati pekerjaan survey pemetaan.
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang, pekerjaan survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang pekerjaan survey pemetaan.
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pekerjaan survey
pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pekerjaan survey pemetaan.
|
Observasi :
· Proses bereksperimen
menggunakan peralatan survey pemetaan dan kelengkapannya.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan identifikasi jenis-jenis pekerjaan survey
pemetaan.
|
14 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.3 Mengelola jenis-jenis pekerjaan survey dan pemetaan.
|
|
|
||||
3.4
Menerapkan proses pelaksanaan pekerjaan
dasar-dasar survey pemetaan.
|
Siswa
dapat memahami prosedur pekerjaan dasar – dasar survey pemetaan tentang :
·
Pengukuran luas metode titik
koordinat
·
Pengukuran luas metode garis koordinat
·
Pengukuran pekerjaan konstruksi
·
Pengukuran bangunan air
·
Pengukuran jalan
·
Pemasangan papan duga
·
Pencatatan hasil
·
Pelaporan hasil pengukuran
|
Prosedur
pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
·
Pengukuran luas metode titik
koordinat
·
Pengukuran luas metode garis koordinat
·
Pengukuran pekerjaan konstruksi
·
Pengukuran bangunan air
·
Pengukuran jalan
·
Pemasangan papan duga
·
Pencatatan hasil
·
Pelaporan hasil pengukuran
|
Mengamati :
·
Mengamati proses pelaksanaan pekerjaan survey pemetaan.
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang, proses pekerjaan dasar-dasar survey
pemetaan.
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang prosedur pelaksanaan
pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan prosedur pekerjaan
dasar-dasar survey pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang prosedur pekerjaan
dasar-dasar survey pemetaan.
|
Observasi :
· Proses bereksperimen pelaksanaan
pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan proses pelaksanaan
pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan..
|
16 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.4 Mengelola pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
|
|
|
||||
3.5 Menerapkan peralatan ukur jenis optik.
|
Siswa
dapat menerapkan peralatan ukur jenis
optic tentang :
·
PPD
·
Theodolite
|
Peralatan
ukur jenis optik
·
PPD
·
Theodolite
|
Mengamati
:
·
Mengamati peralatan ukur jenis optik.
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang deskripsi peralatan
ukur jenis optik.
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya
disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana
sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang deskripsi peralatan ukur jenis optik.
|
Observasi :
· Proses bereksperimen Mendeskripsikan peralatan ukur jenis optik.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan peralatan ukur jenis
optik.
|
16 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki,
UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.5 Mengelola
peralatan ukur jenis optik.
|
|
|
||||
3.6 Menerapkan fungsimasing-masing bagian dari peralatan
jenis optik.
|
Seswa dapat memahami fungsi dan bagian
peralatan ukur jenis optic
|
Fungsi dan bagian peralatan ukur jenis
optik
·
PPD
·
Theodolite
|
Mengamati
:
·
Mengamati fungsi masing-masing bagian dari peralatan
jenis optik.
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang, fungsi masing-masing bagian
dari peralatan jenis optik.
Pengumpulan
Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang fungsi masing-masing bagian dari peralatan
jenis optik.
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis optik.
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang fungsi
masing-masing bagian dari peralatan jenis
optik.
|
Observasi :
·
Proses bereksperimen Menjelaskan fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis optik.
Tes:
· Tes
lisan/ tertulis terkait dengan fungsi-fungsi bagian
dari peralatan optik.
|
18 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.6 Menalar fungsi-fungsi bagian dari peralatan optik
|
|
|
||||
3.7 Menerapkan teknik pengoperasian
alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).
|
·
Siswa dapat
mengoperasikan alat sifat datar ( leveling ) dan alat sifat ruang (
theodolit
|
· Pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang
(theodolit)..
· Melaksanakan Levelling pada
pekerjaan kontruksi gedung
· Melaksanakan Levelling
bangunan air
· Melaksanakan Levelling jalan
dan jembatan
|
Mengamati
:
· Mengamati pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang
(theodolit).
Menanya
:
· Mengkondisikan situasi
belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri
tentang: pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan
alat sipat ruang (theodolit)..
Pengumpulan
data :
· Mengumpulkan data yang
dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku,
eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang
(theodolit)..
Mengasosiasi
:
· Mengkatagorikan data dan
menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai
pada yang lebih kompleks terkait pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang
(theodolit)..
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang
pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat
sipat ruang (theodolit).
|
Tugas:
·
Hasil pekerjaan pelaksanaan pengoperasian alat
sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengoperasian alat sipat
datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)
Portofolio terkait kemampuan dalam pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang
(theodolit).
Tes:
· Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan
alat sipat ruang (theodolit)
|
18 JP
|
· BSE, Teknik Survei dan
Pemetaan Jld 1, Iskandar Muda P.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Pengukuran Topografi dan
teknik pemetaan, Gayo, Yusuf dkk,PT.Pradjna, Paramita, 2005 Jkt.
· Working with Microsoft
office exel 2007, Raddini G R, Mugi.
|
4.7
Menelaah hasil pengoperasian
peralatan sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)
|
|
·
|
||||
3.8 Menerapkan teknik perawatan jenis
optik
|
Siswa dapat memahami teknik perawatan jenis optik
|
Teknik perawatan jenis optik
·
PPD
·
Theodolite
|
Mengamati
:
·
Mengamati teknik perawatan jenis optik.
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: teknik perawatan jenis
optik..
Pengumpulan
data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang teknik perawatan jenis optik.
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks
terkait teknik perawatan jenis optik.
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang
teknik perawatan jenis optik.
|
Tugas:
·
Hasil pekerjaan perawatan jenis optik
Observasi:
·
Proses perawatan jenis optik
Portofolio terkait kemampuan dalam perawatan jenis optik.
Tes:
· Teslisan/ tertulis yang terkait dengan perawatan jenis optik
|
12 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.8 Mengelola hasil perawatan alat
jenis optik
|
|
·
|
||||
3.9 Menerapkan teknik pengecekan alat jenis optik.
|
Siswa dapat memahami teknik pengecekan jenis optik
|
Teknik pengecekan alat jenis optik
·
PPD
·
Theodolite
|
Mengamati
:
· Mengamati teknik pengecekan alat jenis optik.
Menanya
:
· Mengkondisikan situasi
belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri
tentang: teknik pengecekan alat jenis optik.
Pengumpulan
data :
· Mengumpulkan data yang
dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku,
eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pengecekan alat jenis optik.
Mengasosiasi
:
· Mengkatagorikan data dan
menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai
pada yang lebih kompleks terkait teknik pengecekan alat jenis optik.
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang
pengoperasian alat teknik pengecekan alat jenis optik.
|
Tugas:
·
Hasil pekerjaan pengecekan alat jenis optik
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengecekan alat jenis optik
Portofolio terkait kemampuan dalam pengecekan alat jenis optik.
Tes:
· Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengecekan alat jenis optik
|
18 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro
1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.9
Mengelola hasil pengecekan
alat jenis optik
|
|
·
|
||||
3.10 Menerapkan prosespengecekan kebenaran data pengukuran
|
·
Siswa dapat memahami proses pengecekan
kebenaran dan pengukuran
|
·
Proses pengecekan kebenaran
data pengukuran
|
Mengamati
:
·
Mengamati proses
·
pengecekan kebenaran data
pengukuran.
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: proses pengecekan kebenaran
data pengukuran.
Pengumpulan
data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Mengasosiasi
:
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks
terkait proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Mengkomunikasikan
:
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang
proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
|
Tugas:
·
Hasil pekerjaan pengecekan kebenaran data
pengukuran
Observasi:
·
Proses pengecekan kebenaran data pengukuran
Portofolio terkait kemampuan dalam pengecekan kebenaran data pengukuran.
Tes:
· Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengecekan kebenaran data pengukuran
|
18 JP
|
·
Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
· Ilmu Ukur Tanah,
Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
· Ilmu Ukur Tanah, Slamet
Basuki, UGM 2011.
·
Buku referensi dan artikel
yang sesuai
|
4.10 Menelola hasil proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
|
|
·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar