Selasa, 07 Juli 2015

SILABUS UKUR TANAH


SILABUS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan            :    SMK/MAK
Mata Pelajaran                    :    UKUR TANAH
Kelas /Semester                  :    X / I
Kompetensi Inti                   :
KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
 KI4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
 Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya






1.2       Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik penjelasan teknik deskripsi survey pemetaan.






2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam mendeskripsikan survey pemetaan.






2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi mendeskripsikan survey pemetaan






3.1       Menerapkan  prinsip-prinsip Ukur tanah
·     Siswa dapat memahami deskripsi ukur tanah / survey pemetaan
·     Siswa dapat memahami ruang lingkup pekerjaan ukur tanah
·     Deskripsi Ukur tanah/ survey pemetaan
·     Ruang lingkup pekerjaan ukur tanah

Mengamati :
·       Mengamati ruang lingkup  ukur tanah
·       Mengamati kajian konsep ukur tanah
Menanya :
·       Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang deskripsi survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·       Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang deskripsi survey pemetaan.
Mengasosiasi :
·       Meng
·       katagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyadisimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan deskripsi survey pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang deskripsi survey pemetaan.
Observasi :
·      Proses bereksperimen mendeskripsikan survey pemetaan.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan deskripsi, survey pemetaan.













16  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.1   Menelaah prinsip-prinsip ukur tanah


3.2      Menerapkan  jenis-jenis peralatan survei dan pemetaan
Siswa dapat mengidentifikasi peralatan survey pemetaan tentang :
·         Alat ukur jarak dan alat ukur sederhana
·         Pengenalan alat ukur optik
·         Mengoperasikan alat ukur optik
Indentifikasi peralatan survey pemetaan
·         Alat ukur jarak dan alat ukur sederhana
·         Pengenalan alat ukur optik
·         Mengoperasikan alat ukur optik
Mengamati :
·           Mengamati peralatan survey pemetaan. 
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang identifikasi  peralatan survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang identifikasi peralatan survey pemetaan.
Mengasosiasi :
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan identifikasi peralatan survey pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang identifikasi  peralatan survey pemetaan.
Observasi :
·      Proses bereksperimen menggunakan peralatan survey pemetaan dan kelengkapannya.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan deskripsi, identifikasi jenis-jenis peralatan survey pemetaan.













16  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.2     Menyajikan  jenis-jenis peralatan  survey dan pemetaan.


3.3    Menerapkan  jenis-jenis pekerjaan survey dan pemetaan.

Siswa dapat memahami pekerjaan survey pemetaan tentang :
·         Pengukuran  luas metode titik koordinat
·         Pengukuran luas metode garis koordinat
·         Pengukuran pekerjaan konstruksi
·         Pengukuran bangunan air
·         Pengukuran jalan
·         Pemasangan papan duga
·         Pencatatan hasil
·         Pelaporan hasil pengukuran

Identifikasi Pekerjaan survey Pemetaan
·         Pengukuran  luas metode titik koordinat
·         Pengukuran luas metode garis koordinat
·         Pengukuran pekerjaan konstruksi
·         Pengukuran bangunan air
·         Pengukuran jalan
·         Pemasangan papan duga
·         Pencatatan hasil
·         Pelaporan hasil pengukuran

             
Mengamati :
·           Mengamati pekerjaan survey pemetaan. 
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang, pekerjaan survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pekerjaan survey pemetaan.
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan pekerjaan survey pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pekerjaan survey pemetaan.
Observasi :
·      Proses bereksperimen menggunakan peralatan survey pemetaan dan kelengkapannya.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan identifikasi jenis-jenis pekerjaan survey pemetaan.













14  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.3    Mengelola  jenis-jenis pekerjaan survey dan pemetaan.


3.4   Menerapkan  proses pelaksanaan pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Siswa dapat memahami prosedur pekerjaan dasar – dasar survey pemetaan tentang :
·         Pengukuran  luas metode titik koordinat
·         Pengukuran luas metode garis koordinat
·         Pengukuran pekerjaan konstruksi
·         Pengukuran bangunan air
·         Pengukuran jalan
·         Pemasangan papan duga
·         Pencatatan hasil
·         Pelaporan hasil pengukuran

Prosedur pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
·         Pengukuran  luas metode titik koordinat
·         Pengukuran luas metode garis koordinat
·         Pengukuran pekerjaan konstruksi
·         Pengukuran bangunan air
·         Pengukuran jalan
·         Pemasangan papan duga
·         Pencatatan hasil
·         Pelaporan hasil pengukuran


Mengamati :
·           Mengamati proses pelaksanaan pekerjaan survey pemetaan. 
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang, proses pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang prosedur  pelaksanaan pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan prosedur pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang prosedur pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
Observasi :
·      Proses bereksperimen pelaksanaan pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan proses pelaksanaan pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan..













16  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.4   Mengelola  pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.


3.5   Menerapkan  peralatan ukur jenis optik.
Siswa dapat  menerapkan peralatan ukur jenis optic tentang :
·         PPD
·         Theodolite

Peralatan ukur jenis optik
·         PPD
·         Theodolite
Mengamati :
·           Mengamati peralatan ukur jenis optik. 
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang deskripsi peralatan ukur jenis optik.
Observasi :
·      Proses bereksperimen Mendeskripsikan peralatan ukur jenis optik.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan peralatan ukur jenis optik.













16  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.5   Mengelola peralatan ukur jenis optik.


3.6 Menerapkan  fungsimasing-masing bagian dari peralatan jenis optik.
Seswa dapat memahami fungsi dan bagian peralatan ukur  jenis optic
Fungsi dan bagian peralatan ukur jenis optik
·         PPD
·         Theodolite
Mengamati :
·           Mengamati fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis  optik. 
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang, fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis  optik.
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis  optik.
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis  optik.
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang fungsi masing-masing bagian dari peralatan jenis  optik.





































Observasi :
·     Proses bereksperimen Menjelaskan fungsi          masing-masing bagian         dari peralatan jenis optik.

Tes:
·      Tes lisan/ tertulis terkait dengan fungsi-fungsi bagian dari peralatan optik.













18 JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.6  Menalar fungsi-fungsi bagian dari peralatan optik


3.7    Menerapkan  teknik pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).

·   Siswa dapat mengoperasikan  alat sifat datar  ( leveling ) dan alat sifat ruang ( theodolit
·   Pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)..
·     Melaksanakan Levelling pada pekerjaan kontruksi gedung
·     Melaksanakan Levelling bangunan air
·     Melaksanakan Levelling jalan dan jembatan
Mengamati :
·       Mengamati pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).
Menanya :
·       Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)..
Pengumpulan data :
·       Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)..
Mengasosiasi :
·       Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)..
Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).
Tugas:
·         Hasil pekerjaan pelaksanaan pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)

Portofolio terkait kemampuan dalam pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).

Tes:
·      Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)
18  JP
·   BSE, Teknik Survei dan Pemetaan Jld 1, Iskandar Muda P.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Pengukuran Topografi dan teknik pemetaan, Gayo, Yusuf dkk,PT.Pradjna, Paramita, 2005 Jkt.
·   Working with Microsoft office exel 2007, Raddini G R, Mugi.

4.7  Menelaah hasil  pengoperasian peralatan sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit)

·    
3.8       Menerapkan  teknik perawatan jenis optik
Siswa dapat memahami teknik perawatan jenis optik
Teknik perawatan jenis optik
·         PPD
·         Theodolite
Mengamati :
·            Mengamati teknik perawatan jenis optik.
Menanya :
·            Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: teknik perawatan jenis optik..
Pengumpulan data :
·            Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik perawatan jenis optik.
Mengasosiasi :
·            Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait teknik perawatan jenis optik.
Mengkomunikasikan :
·            Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang teknik perawatan jenis optik.
Tugas:
·         Hasil pekerjaan perawatan jenis optik

Observasi:
·         Proses perawatan jenis optik

Portofolio terkait kemampuan dalam perawatan jenis optik.

Tes:
·      Teslisan/ tertulis yang terkait dengan perawatan jenis optik
12 JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.8      Mengelola hasil  perawatan alat jenis optik

·    
3.9       Menerapkan teknik pengecekan alat jenis optik.
Siswa dapat memahami teknik pengecekan jenis optik
Teknik pengecekan alat jenis optik
·         PPD
·         Theodolite
Mengamati :
·       Mengamati teknik pengecekan alat jenis optik.
Menanya :
·       Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: teknik pengecekan alat jenis optik.
Pengumpulan data :
·       Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang teknik pengecekan alat jenis optik.
Mengasosiasi :
·       Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait teknik pengecekan alat jenis optik.
Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang pengoperasian alat teknik pengecekan alat jenis optik.
Tugas:
·         Hasil pekerjaan pengecekan alat jenis optik

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengecekan alat jenis optik

Portofolio terkait kemampuan dalam pengecekan alat jenis optik.

Tes:
·      Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengecekan alat jenis optik
18  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.9      Mengelola hasil pengecekan alat jenis optik

·    
3.10     Menerapkan prosespengecekan kebenaran data pengukuran
·   Siswa dapat memahami proses pengecekan kebenaran dan pengukuran
·   Proses pengecekan kebenaran data pengukuran
Mengamati :
·         Mengamati proses
·         pengecekan kebenaran data pengukuran.
Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Pengumpulan data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Mengkomunikasikan :
·         Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang proses pengecekan kebenaran data pengukuran.
Tugas:
·         Hasil pekerjaan pengecekan kebenaran data pengukuran

Observasi:
·         Proses pengecekan kebenaran data pengukuran

Portofolio terkait kemampuan dalam pengecekan kebenaran data pengukuran.

Tes:
·      Teslisan/ tertulis yang terkait dengan pengecekan kebenaran data pengukuran
18  JP
·    Buku BSE Tek. Survei & Pemetaan Jilid 1.
·   Ilmu Ukur Tanah, Wongtjitro 1980, Kanisius Jogyakarta.
·   Ilmu Ukur Tanah, Slamet Basuki, UGM 2011.
·    Buku referensi dan artikel yang sesuai
4.10   Menelola hasil proses pengecekan kebenaran data pengukuran.

·    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar