RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMK Teknik Bangunan
SEKOLAH : SMKN 1 BUKITTINGGI
MATA PELAJARAN : Ilmu Ukur Tanah
TOPIK
: Menerapkanfungsimasing –
masingbagiandariperalatanjenisoptik
KELAS/SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 15
ALOKASI WAKTU : 2x45menit
I. Kompetensi
Inti
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
II. Kompetensi
Dasar
Menerapkanfungsimasing
– masingbagiandariperalatanjenis optic
III. IndikatorPencapaian
Kognitif
a)
Siswa dapat mendeskripsikan fungsimasing
– masingbagiandariperalatanjenis optic.
b)
Siswa
dapat memahami fungsimasing – masingbagiandariperalatanjenis optic.
Afektif
a)
Siswa mengikuti pembelajaran Ilmu Ukur Tanah
dengan sikap yang baik, sopan,dan menerapkan toleransi sesama teman.
b)
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan teman
dengan baik saat pembelajaran berlangsung.
Psikomotor
a)
Siswa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya dilapangan kerja
IV.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a)
Secara mandiri, siswa dapat menyebutkan (C1),
menjelaskan (C2), dan menyimpulkan (C5fungsimasing – masingbagiandariperalatanjenis
opticdengan mengerjakan soal terkait dengan PHB 1 : produk sesuai kunci
jawaban.
b)
Siswa dapat menganalisis (fungsimasing
– masingbagiandariperalatanjenis opticsoal terkait dengan PHB 1 :
produk sesuai kunci jawaban.
Afektif
a)
Selama proses belajar berlangsung, siswa
mengikuti (A1), mendengarkan (A5) pembelajaran dengan baik dan menerapkan toleransi sesama teman.
b) Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat membuat kemajuan dalam
menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:
kejujuran, peduli, dan tanggung
jawab sesuai PHB 2: Pengamatan Perilaku
Berkarakter.
c) Berkomunikasi dengan baik
Psikomotor
Setelah
mengikuti pelajaran Ilmu Ukur Tanah, siswa bisa menggunakan ilmu yang didapat, dan
menerapkannya dilapangan kerja.
V.
MATERI AJAR
Fungsi dan bagian peralatan ukur jenis optik
·
PPD
·
Theodolit
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan Individu
VII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Uraian kegiatanpembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a. a. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelolakelas
-
Salam pembuka
-
Membaca do’a
-
Absensi
·
Membangkitkanmotivasisiswa
·
Melakukanapersepsi dan memberikan penguatan sekaligus
menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang guru.
b. Kegiatan Inti
·
Mengamati
- Siswa
mengamati/melihat guru sedang menjelaskan pelajarantentangfungsimasing
– masingbagiandariperalatanjenis optic
·
Menanya
- Siswa diberi kesempatan untuk
bertanya menyangkut materi yang di ajarkan.
-siswabertanyasecaraaktifdanmandiripelajarantentangMenerapkanperalatanukurjenisoptik
·
Mengumpulkan Data
-Siswa diarahkan untuk bekerja sama
dengan temannya dalam memahamifungsimasing – masingbagiandariperalatanjenis
optic
-
Guruberperansebagainarasumber
dan fasilitatorbagisiswauntuk berdiskusi dengan
temannya.
·
Mengasosiasi
- Siswa mengasosiasikan hasil
diskusinya dengan teman yang lain dengan bimbingan guru.
·
Mengkomunikasikan
- Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
- Guru memberikan penguatan terhadap
pendapat siswa dan sekaligus mengulang kembali materi yang belumdikuasaisiswa.
- Guru memberikan tugas resume kepada siswa.
c. Kegiatan Penutup
-
Evaluasi
§
Menanyakan materi yang belum di
pahami kepada siswa
§
Menyimpulkan materi yang telah pelajari.
- Guru menjelaskan kepada siswa
tentang materi yang akan dipelajari untuk minggu depan serta tugas yang
terkait dengan pelajaran berikutnya.
|
Tanya
jawab
Ceramah,
Tanya Jawab,
Disku
Ceramah
|
15
menit
60
menit
15
Menit
|
Tampilan Power Point
Modulilmuukurtanah
|
VIII. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Kehadiaran 80% tidak boleh ikut ujian dan hadir
100% diberi bonus : 10%
2.
Tugas :
35%
3.
UTS :
30%
4.
UAS :
35%
Pedomancarapenilaian
1.
Jenis/ Teknik Penilaian : Tulis, Lisan, Unjuk Kerja .
2.
Bentuk Instrumen :
Lembar Pengamatan Sikap (Terlampir)
3.
Pedoman Penskoran :
Terlampir
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar Pengamatan sikap
|
Tes Tulis
|
Tes uraian, menjawab pertanyaan
yang ada di buku teks
|
Tes Praktik
|
Persentase bobot komponen penilaian
|
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
||||
Komitmen Tugas
|
Kerja Sama
|
Ketelitian
|
Minat
|
Jumlah Skor
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Praktek
Berdasarkan
presentase komponen bobot penilaian :
NO
|
NAMA SISWA
|
PRESENTASE BOBOT KOMPONEN PENILAIAN
|
NILAI AKHIR
|
|||
PROSES KERJA (20%)
|
HASIL KERJA (60%)
|
SIKAP (10%)
|
WAKTU (10%)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
IX.
SUMBER PELAJARAN
-
ModulIlmu Ukur Tanah, wongtjitro 1980
-
Bukureferensidanartikel yang sesuai
-
Buku BSE Tek. Survey &PemetaanJilid 1.
X.
DAFTAR PUSTAKA
Seotomowongsotjitro,
1980, Ilmu Ukur
Tanah, kanisius, Yogyakarta
SALMANI SALEH,Ilmu Ukur Tanah
Diketahui/disahkan :
Dosen Pembimbing Guru yang
bersangkutan,
Drs.Yon
Afrizal, M.PD SYISRIKA ELIDA
NIP. 19580817 198103 1 021 1202963/2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar