RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMK Teknik Bangunan
SEKOLAH : SMKN 1 BUKITTINGGI
MATA PELAJARAN : Ilmu Ukur Tanah
TOPIK : Ujian Tengah
Semester ( UTS )
KELAS/SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 1 (Satu)
ALOKASI WAKTU : 2x45menit
I. Kompetensi
Inti
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
II. Kompetensi
Dasar
Ujian Tengah Semester ( UTS )
III. IndikatorPencapaian
Menerapkan
prinsip-prinsip ukur tanah
1.
Definisi Ilmu Ukur Tanah (Surveying)
3.
Pengertian
dan Ruang Lingkup Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)
4.
Tujuan Pekerjaan Ukur Tanah
(Survey)
5.
Kegunaan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)
Mengelola
pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Uraian kegiatanpembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a. a. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengelolakelas
-
Salam pembuka
-
Membaca do’a
-
Absensi
·
Membangkitkanmotivasisiswa
·
Melakukanapersepsi dan memberikan penguatan sekaligus
menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang guru.
b. Kegiatan Inti
- Guru memberikan waktu siswa untuk mengulang dan menghafal mata
pelajaran yang akan di ujiankan.
- Guru memberikan soal ujian kepada siswa dan siswa mengerjakan lembaran
soal yang diberikan.
c. Kegiatan Penutup
- Guru
mengumpulkan kertas lembar jawaban siswa.
|
-
-
-
|
15
menit
60
menit
15
menit
|
Modulilmuukurtanah
|
V.
SOAL
1.
Jelaskanjenis
– jenispengukurantanah ?
2. Jelaskanpengertiandariilmuukurtanah ?
3. sebutkantujuanpengukurantanah survey
danpemetaan ?
4. sebutkankegunaanpengukurantanah survey
danpemetaan
5. darihasilpengukuran di peroleh data :
-
jarak
A – B = 18 m β1 = 103˚
B – C = 19 m β2 = 115˚
C – D = 17 m β3 = 107˚
D – E = 20 m β4 = 98˚
E – A = 16 m β5 = 101˚
A ( + 2,5 )
B
( + 3,75 )
( + 3,10 )C
( + 2,20
) D C (
+ 1,95 )
Ditanya
:berapaluastanah / area tersebut ?
VI.
JAWABAN
1.
Jenis – jenispengukurantanah :
a.
Titik control adalahpenetapanjaringan
b.
Pengukurantopografikadalahmenentukangambaranalamiahdanbuatansertaelevasi ( ketinggian )
c.
Pensiladalahgarissudut
d.
Hidrografikadalahmenentukangarispantai an
kedalamanlaut, danau, sungaidanbendungan
e.
Pengukuranjalurlintasadalahmerencanakan, merancang
f.
Pengukurankontruksi
g.
Pengukuranpurnarancangadalahpenentuanlokasiakhir
h.
Pengukurantambangadalahdiatasdandibawahtanahuntukpenggalianterowongan
2.
Ilmuukurtanahadalahcabang dari
ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan
cara melakukan pengukuran- pengukuran guna mendapatkan peta.
3.
Tujuan Pekerjaan Ukur Tanah
(Survey) :
a.
Menentukan posisi sembarang bentuk
yang berbeda diatas permukaan bumi
b.
Menentukan letak ketinggian
(elevasi) segala sesuatu yang berbeda diatas atau dibawah suatu bidang yang
berpedoman pada bidang permukaan air laut tenang
c.
Menentukan bentuk atau relief
permukaan tanah beserta luasnya
d.
Menentukan panjang, arah dan posisi
dari suatu garisyang terdapat diatas permukaan bumi yang merupakan batas dari
suatu arealtertentu.
4.
Kegunaan Pekerjaan Ukur Tanah
(Survey)
1.
Pengukuran untuk mencari luas
tanah
2.
Pengukuran untuk mengetahui beda
tinggi tanah
3.
Pengukuran untuk pembuatan peta
4.
Pengukuran untuk merencanakan
bangunan
5.
A ( + 2,5 )
( + 3,10 )C
B ( + 3,75 )
( + 2,20 ) D C ( + 1,95 )
AC² = (AB)² + (BC)² - 2 (AB) (BC) . COS β2
= (18)² + (19)² - 2 (18) ( 19) . COS β2
= 324 + 361 – 684 . C0S 115˚
= 31,21
Sinus
=
= =
= sin α1 . 31,21 = sin 115˚ . 19
Sin α1
=
α1
= 0,55
= 33,48
= 33˚29’
11,62”
Luas A1 = ½ ( AB x BC ) sin β2 = ½ ( 18 . 19 ) sin 115˚ = 154,97
Luas A2 = ½ ( ED x CD ) sin β2 = ½ ( 20 . 17 ) sin 98˚ = 168,35
Luas A3 = ½ ( AE x AC ) sin α2 = ½ ( 16 . 31,21 ) sin 69,51˚ = 233,88
557,204
Jadiluas area bangunantersebutadalah557,204
VII.
DAFTAR PUSTAKA
Seotomowongsotjitro,
1980, Ilmu Ukur
Tanah, kanisius, Yogyakarta
SALMANI SALEH,Ilmu Ukur Tanah
Diketahui/disahkan :
Dosen Pembimbing Guru yang
bersangkutan,
Drs.Yon
Afrizal, M.PD SYISRIKA ELIDA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar