Selasa, 07 Juli 2015

Rpp uas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  SATUAN PENDIDIKAN : SMK Teknik Bangunan
SEKOLAH                         : SMKN 1 BUKITTINGGI
   MATA PELAJARAN       : Ilmu Ukur Tanah
 TOPIK                               : Ujian Tengah Semester ( UTS )
 KELAS/SEMESTER       : X/1
   PERTEMUAN KE                        : 1 (Satu)
ALOKASI WAKTU : 2x45menit    
 

I.     Kompetensi Inti
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

II.  Kompetensi Dasar
Ujian Tengah Semester ( UTS )

III. IndikatorPencapaian
Menerapkan prinsip-prinsip ukur tanah
1.      Definisi Ilmu Ukur Tanah (Surveying)
3.      Pengertian dan Ruang Lingkup Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)
4.      Tujuan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)
5.      Kegunaan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)        

Mengelola  pekerjaan dasar-dasar survey pemetaan.

    
       
IV.             KEGIATAN PEMBELAJARAN
Uraian kegiatanpembelajaran
Metode
Waktu
Media
a.      a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Mengelolakelas
- Salam pembuka
- Membaca do’a
- Absensi
·         Membangkitkanmotivasisiswa
·         Melakukanapersepsi dan memberikan penguatan sekaligus menunjukkan salah satu sikap yang harus dimilki oleh seorang guru.
b.   Kegiatan Inti

- Guru memberikan waktu siswa untuk mengulang dan menghafal mata pelajaran yang akan di ujiankan.

- Guru memberikan soal ujian kepada siswa dan siswa mengerjakan lembaran soal yang diberikan.

c.   Kegiatan Penutup

- Guru mengumpulkan kertas lembar jawaban siswa.





-















-














-




15
menit













60
menit













15
menit


















Modulilmuukurtanah
























V.                SOAL
1.      Jelaskanjenis – jenispengukurantanah ?
2.      Jelaskanpengertiandariilmuukurtanah ?
3.      sebutkantujuanpengukurantanah survey danpemetaan ?
4.      sebutkankegunaanpengukurantanah survey danpemetaan
5.      darihasilpengukuran di peroleh data :
-          jarak
A – B = 18 m                    β1 = 103˚
B – C = 19 m                    β2 = 115˚
C – D = 17 m                    β3 = 107˚
D – E = 20 m                    β4 = 98˚
E – A = 16 m                    β5 = 101˚
                                A ( + 2,5 )

                                                                                                   B ( + 3,75 )
                                   ( + 3,10 )C


                                    ( + 2,20 )         D                         C ( + 1,95 )

                                    Ditanya :berapaluastanah / area tersebut ?


VI.             JAWABAN
1.      Jenis – jenispengukurantanah :
a.       Titik control adalahpenetapanjaringan
b.      Pengukurantopografikadalahmenentukangambaranalamiahdanbuatansertaelevasi  ( ketinggian )
c.       Pensiladalahgarissudut
d.      Hidrografikadalahmenentukangarispantai an kedalamanlaut, danau, sungaidanbendungan
e.       Pengukuranjalurlintasadalahmerencanakan, merancang
f.       Pengukurankontruksi
g.      Pengukuranpurnarancangadalahpenentuanlokasiakhir
h.      Pengukurantambangadalahdiatasdandibawahtanahuntukpenggalianterowongan

2.      Ilmuukurtanahadalahcabang dari ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran- pengukuran guna mendapatkan peta.

3.      Tujuan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey) :
a.       Menentukan posisi sembarang bentuk yang berbeda diatas permukaan bumi
b.      Menentukan letak ketinggian (elevasi) segala sesuatu yang berbeda diatas atau dibawah suatu bidang yang berpedoman pada bidang permukaan air laut tenang
c.       Menentukan bentuk atau relief permukaan tanah beserta luasnya
d.      Menentukan panjang, arah dan posisi dari suatu garisyang terdapat diatas permukaan bumi yang merupakan batas dari suatu arealtertentu.

4.      Kegunaan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)                    
1.      Pengukuran untuk mencari luas tanah
2.      Pengukuran untuk mengetahui beda tinggi tanah
3.      Pengukuran untuk pembuatan peta
4.      Pengukuran untuk merencanakan bangunan

5.                                   
                A ( + 2,5 )
                                                                    
     ( + 3,10 )C
B ( + 3,75 )


      ( + 2,20 )         D                        C ( + 1,95 )

AC² = (AB)² + (BC)² - 2 (AB) (BC) . COS β2
       = (18)² + (19)² - 2 (18) ( 19) . COS β2
      =  324 + 361 – 684 . C0S 115˚
       = 31,21
Sinus     =
          =  =
          = sin α1 . 31,21 = sin 115˚ . 19
                        Sin α1  =
                             α1   = 0,55
                                     = 33,48
                                     = 33˚29’  11,62”


Luas A1 = ½ ( AB x BC ) sin β2 = ½ ( 18 . 19 ) sin 115˚       = 154,97
Luas A2 = ½ ( ED x CD ) sin β2 = ½ ( 20 . 17 ) sin 98˚         = 168,35
Luas A3 = ½ ( AE x AC ) sin α2 = ½ ( 16 . 31,21 ) sin 69,51˚ = 233,88
                                                                                      557,204

Jadiluas area bangunantersebutadalah557,204

VII.          DAFTAR PUSTAKA
Seotomowongsotjitro, 1980, Ilmu Ukur Tanah, kanisius, Yogyakarta
SALMANI SALEH,Ilmu Ukur Tanah

            Diketahui/disahkan :                                                
              Dosen Pembimbing                                                 Guru yang bersangkutan,




Drs.Yon Afrizal, M.PD                                                          SYISRIKA ELIDA
NIP. 19580817 198103 1 021                                                1202963/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar