Selasa, 07 Juli 2015

modul pertemuan 14


PENDAHULUAN


KATA PENGANTAR
Modul dengan kompetensi memahami MemahamiPeralatanUkurJenisOptikmerupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan siswa Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian Teknik Bangunan.

Sehinggadenganmodulinidiharapkansiswadapatmelaksanakankegiatanbelajartanpaharusbanyakdibantuoleh guru pembimbing/instruktur. Melaluimodulinidiharapkansiswadan guru dapatterbantudalampelaksanaankegiatanbelajarmengajardidalamsekolah.




                                                                                                    Padang, September 2014



                                                                                                                Penyusun








PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1.      Pelajarilahkegiatanbelajardalammodulinisecaraberurutankarenakegiatanbelajardisusunberdasarkanurutan yang perludilalui.
2.      Usahakankegiatanbelajardanlatihansesuaidenganwaktu yang telahditentukan.
3.      Bertanyalahkepada guru/pembimbingandabilamengalamikesulitandalammemahamimateribelajarmaupunkegiatanlatihan.
4.      Andadapatmenggunakanbukulain yang sejenisbiladalammodulinikurangjelas.


TUJUAN AKHIR MODUL
Setelahmempelajarimodulinidiharapkan :
a.       Siswa mampu memahami peralatanukurjenis optic
















Uraian Materi
A.      AlatUkurJarakdanAlatUkurSederhana
1.    Perlengkapan /peralatan survei dan pemetaan sederhana ( bukan optic).

Tanda titik – titik di lapangan dan kegunaanya.
Pada pekerjaan ukur tanah, baik pengukuran jarak maupun pengukuran sudut, diperlukan perlengkapan maupunperalatannya. Menurut sifat dan kegunaanya, titik – titik survei dan pemetaan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) buah, yaitu titik bersifat tetap (Bench Mark) dan titik bersifat sementara.

Titik Tetap (Bench Mark)
Titik tetap terdiri dari titik triangulasi dan titik polygon. Titik triangulasi terbuat dari tugu beton dan dipasang di daerah – daerah luas/pegunungan atau di setiap pulau. Titik polygon terbuat dari tugu beton dan dipasang di daerah – daerah kecil, seperti dalam kota atau kawasan indrustri dan perumahan.
Dari titik tetapa ini selain diketahui koordinat-koordinatnya (X,Y), dan diketahui pula ketinggianya yang diambil dari permukaan air laut rata – rata. Koordinat titik tetap ini diukur dan dihitung secara teliti karena titik ini akan menjadi dasar pengukuran selanjutnya.

Titik Sementara
Titik sementara adalah tanda/titik yang bersifat sementara, baik pembuatan dan penggunaanya dalam pengukuran.
.
B.      PengenalanAlatUkurOptik
Alatukur yang digunakandalam survey pemetaantanahterdiridari :
1.       Patok
Alatiniterbuatdarikayuataubambu, yang digunakanuntukmemberitandabatas yang bersifatsementarapadasaatpengukuran.Titikituditanamkedalamtanahdengankedalaman 0,25sampaidengan 0,50 meter. Patokdimasukkankedalamtanahdengancaradipikuldansisa yang menonjoldaripermukaantanah 5 sampai 10 cm. Sebaiknyaalatinidiberitandadengan cat merah agar mudahterlihat. Ukuranya 5 x 5 cm atau 10 x 10 cm.

2.       Yalon
Yalonterbuatdaripipabesidenganukuran diameter ¾ inci yang digunakanuntukmemberitandatitik/bataspengukurandanbersifatsementara.Agar mudahterlihat, alatinisetiapjarak 20 cm diberiwarnamerahdanputihberselang-seling.Agar tidakcepatrusak, akibatditancapkankedalamtanah, makabagianbawahdilengkapidengansepatubesi.
3.       RambuUkur ( BakUkur )
Alatiniterbuatdarikayuataubahanalumunium, padasisidepannyaterdapatskalapembacaan, digunakanuntukmemberitandatitiksementaradilapanganpadasaatpengukuran.Rambuukurberpenampangsegiempatberukuran ± 2 cm x ± 4 cm danpanjang 3 samapi 5 meter. Bagiandepannyadilengkapidenganukuranskalasentimeter.Padasetiap 1 meternyadiberi cat yang berbedadanmencolok.Rambuukur yang panjangnya 5 meter dapatdisteldalampemakaian di lapangan.
C.      MengoperasikanAlat Survey
1.    MembacaRambuUkur
Sepertidijelaskansebelumnya, rambuukurberfungsisebagaialatbantudalammenentukanbedatinggidenganmenggunakanpesawatsipatdatar, rambuukurbiasnyaterdiridaribeberapajenis.
Pembacaanrambuukurkebenaranyasangatdiperlukandalammenghasilkanhasil yang dapatsupayabedatinggidanjaraknyamendekatikebenaransesuai data di lapangan.
Pengukuranbedatinggiadatigacara :
1.       Pengukuranbedatinggibilapesawat di atastitik.
2.       Pengukuranbedatinggibilapesawat di antara 2 titik.
3.       Pengukuranbedatinggibilapesawat di luar 2 titik.

2.    MembacaSudut Azimuth / SudutJurusanDenganKompas
Kompasadalahalat yang digunakanuntukmengukursudutjurusan / sudutazimut.Kemudian data tersebutdapatuntukmenghitungkoordinatsuatutitikbilakoordinattitiksebelumnyatelahdiketahui, jarakdatardansudutjurusannyajugadiketahui.Adapunsudutjurusanadalahsudut yang diukurdariarahutarasebenarnya( astronomis ) searahdenganarahputaranjarum jam, padajurusan yang dimaksud.
Sedangkansudutazimutadalahsudut yang diukurdariarahutaramagnetis, searahdenganarahputaranjarum jam. Perbedaananatarautaraastronomisdanutaramagnetisdisebutdeklinasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar