Selasa, 07 Juli 2015

modul pertemuan 15


PENDAHULUAN


KATA PENGANTAR
Modul dengan kompetensi memahami Menerapkanfungsimasing – masingbagiandariperalatanjenisoptikini merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan siswa Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian Teknik Bangunan. Dalammodulinidijelaskanmengenai bagian dari peralatan jenis optik
Sehinggadenganmodulinidiharapkansiswadapatmelaksanakankegiatanbelajartanpaharusbanyakdibantuoleh guru pembimbing/instruktur. Melaluimodulinidiharapkansiswadan guru dapatterbantudalampelaksanaankegiatanbelajarmengajardidalamsekolah.




                                                                                                    Padang, September 2014



                                                                                                                Penyusun





PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1.      Pelajarilahkegiatanbelajardalammodulinisecaraberurutankarenakegiatanbelajardisusunberdasarkanurutan yang perludilalui.
2.      Usahakankegiatanbelajardanlatihansesuaidenganwaktu yang telahditentukan.
3.      Bertanyalahkepada guru/pembimbingandabilamengalamikesulitandalammemahamimateribelajarmaupunkegiatanlatihan.
4.      Andadapatmenggunakanbukulain yang sejenisbiladalammodulinikurangjelas.


TUJUAN AKHIR MODUL
Setelahmempelajarimodulinidiharapkan :
a.       Siswa mampu Menerapkanfungsimasing – masingbagiandariperalatanjenis optic.















Uraian Materi
A.    DefinisiIlmuUkur Tanah (Surveying)
Ilmu ukur tanah adalah cabang dari ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran- pengukuran guna mendapatkan peta. Pengukuran yang di lakukan terhadap titik- titik detail alam maupun buatan manusia meliputi posisi horizontal (x,y) maupun posisi vertikal nya (z) yang diferensikan terhadap permukaan air laut rata-rata. Agar titik-titik di permukaan bumi yang tidak teratur bentuknya dapat di pindahkan ke atas bidang datar maka di perlukan bidang perantara antara lain : bidang Ellipsoid, bidang bultan dan bidang datar (untuk luas wilayah 55 km).
Dalam pengertian yang lebih umum pengukuruan tanah dapat dianggap sebagai disiplin yang meliputi semua metoda untuk menghimpun dan melalukan proses informasi dan data tentang bumi dan lingkungan fisis. Dengan perkembangan teknologi saat ini metoda terestris konvensional telah dilengkapi dengan metoda pemetaan udara dan satelit yang berkembang melalui program-program pertanahan dan ruang angkasa.
Kegunaan surveying adalahuntukpengumpulan data yang nantinyaakandiolahkembaliatau yang akandigambarkanpadapetadan lain-lain.
Ilmu Geodesi mempunyai dua maksud :
a. Maksud ilmiah : menentukan bentuk
permukaan bumi
b. Maksud praktis : membuat bayangan
yang dinamakan peta dari sebagian
besar atau sebagian kecil permukaan bumi.
Pada maksud kedua inilah yang sering disebut dengan istilah pemetaan. Pengukuran dan pemetaan pada dasarnya dapat dibagi 2, yaitu :
- Geodetic Surveying
- Plan Surveying

Perbedaan prinsip dari dua jenis pengukuran dan pemetaan di atas adalah :
Geodetic surveying suatu pengukuran untuk menggambarkan permukaan bumi pada bidang melengkung/ellipsoida/bola. Geodetic Surveying adalah llmu, seni, teknologi untuk menyajikan informasi bentuk.
kelengkungan bumi atau pada keiengkungan bola. Sedangkan plan Surveying adalah merupakan llmu seni, dan
teknologi untuk menyajikan bentuk permukaan bumi baik unsur alam maupun unsur buatan manusia pada bidang yang dianggap datar. Plan surveying di batasi oleh daerah yang sempit yaitu berkisar antara 0.5 derajat x 0.5 derajat atau 55 km x 55 km.


1.      Land Surveying, yang meliputiantara lain perhitunganluas, jarak, sudutatauarah yang akandigambarkanpadapeta (tanah).
2.      Topographic Surveying, yaitupengukuran-pengukurangunamendapatkan data-data dimanadapatdibuatsuatupetatopografi yang menunjukkankeadaan relief tanahpadapetatanah, elevasisertaketidak-seragamantanahpadapermukaannya (konfigurasitanah).
3.      Route Surveying, yaitupengukuran-pengukurangunapenempatandankonstruksidaripadaalat-alat transport dankomunikasi, misalnyajalanraya, jalankeretaapi, pemasangankawat-kawattelekomunikasi, kanaldanpipa air minum.
4.      Hydrographic Surveying, yaitupengukuran-pengukuran yang berhubungandengan air, misalnyauntukkeperluannavigasi, persediaan air atauperencanaanataupembuatankonstruksi-konstruksi di bawah air, sertakonfigurasitanah di bawah air. Sifatdarihidrographyc surveying iniantaralainterdapatpadapengukuran-pengukuranuntukdrainasedanirigasi. Tetapipekerjaan-pekerjaanpadaumumnyaprinsipnyaadalah topographicdanroute surveying.
1.        Mine Surveying, digunakanuntukpertambangan.
2.        Cadastral Surveying,digunakanuntukpublic land survey.
3.        City Surveying, digunakanuntukkonstruksijalan-jalandanpenempatanbangunan-bangunandari  suaturencanatatakota.

B.     PekerjaanRuangLingkupUkur Tanah

1. PengertiandanRuangLingkupPekerjaanUkur Tanah (Survey)
Pekerjaanmengukurtanahdanpemetaan (Surveidanpemetaan) meliputipengambilan/ pemindahan data-data darilapangankepetaatausebaliknya.Pengukuran yang akandipelajaridibagibagidalampengukuranmendatardarititiktitik yang terletakdiataspermukaaan  bumi , danpengukurantegakgunamendapatkanbedatinggiantaratitiktitik yang diukurdiataspermukaanbumi yang tidakberaturan ,yang padaakhirnyadapatdigambardiatasbidangdatar (Peta).
Ilmuukurtanahmerupakanilmusebagaidasardalammelaksanakanpekerjaan survey atauukurmengukurtanah.
Dalambidangtekniksipil, meliputipekerjaan-pekerjaanuntuksemuaproyekpembangunan, sepertiperencanaandanpembuatangedung, jembatan, jalan, saluranirigasi.Sedangkandalambidangpertanianuntukperncanaanproyekseperti :pembukaanlahanbaru, saluranirigasidan lain-lain.

Ruanglngkupdari surveying inisangatluas, yaitu yang terkecilmisalnyamenetapkanbatas-batasdarisuatutanahmililk, jadisifatnyaperseorangansampaitanah-tanahataubatas-batas  tanahnegara-pemerintahan. Termasukjugauntukmenentukankonsepperancanganuntukpekerjaan-pekerjaanteknik, pembuatanjembatan, pembuatanjalan, pengolahantanah, perencanaanpencetakansawah, konsolidasilahan, perencanaanpertanaman, pengawetantanahdan air (konservasi) dansebagainya.

2. Tujuan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)

Secaraumum  tujuanpekerjaan survey adalahuntuk :
1)        Menentukanposisisembarangbentuk yang berbedadiataspermukaanbumi
2)        Menentukanletakketinggian (elevasi) segalasesuatu yang berbedadiatasataudibawahsuatubidang yang berpedomanpadabidangpermukaan air lauttenang
3)        Menentukanbentukatau relief permukaantanahbesertaluasnya
4)        Menentukanpanjang, arahdanposisidarisuatugarisyangterdapatdiataspermukaanbumi yang merupakanbatasdarisuatuarealtertentu.

3. Kegunaan Pekerjaan Ukur Tanah (Survey)                    

  1.  Pengukuranuntukmencariluastanah
Luastanahsangatdiperlukanuntukkeperluanjualbeli, penentuanpajak, danuntuk perencanaanpengembangandaerah, rencanajalan, rencanapengairandanrencanatransmigrasi.
            2.  Pengukuranuntukmengetahuibedatinggitanah
Sebelumsuatubangunandidirikan ,makaterlebihdahuluharusdiketahuitinggipermukaantanahdanrencanameratakantanahnyasehinggadapatdihitungseberapatanah yang gigalidanberapabanyakurugan yang diperlukansertauntukmenentukanpeilsuatubangunan yang akandibangunanuntukpedomanketinggianlantaidansebagainya.
3. Pengukuranuntukpembuatanpeta
Untukmemberipetunjukberapajauhantaratempat A ketempat B makakitaharusmembuatsketjalandaritempat A ketempatB.Gambarskettersebutwalaupuntidaksempurnadinamakanpeta.Untukpraktisnyapemerintahmulaidaritingkatdesa, kecamatan, kabupaten , propinsibahkansetiap Negara mempunyaiganbardaerahnya yang disebutpeta. Petatersebutharusdigambarberdasarkanhasilpengukurantanah, baikpengukuransecarateoritismaupunsecarafotogrametrik.
              4.  Pengukuranuntukmerencanakanbangunan
Bilaakanmendirikanrumah ,makaharusadaijinbangunandaridinaspetanahanataudinaspekerjaanumum. Padasetiaprencanapembangunandaerah ,pembuatanjalan, rencanairigasiterlebihdahulutanah yang akandibangunanharusdiukurdandisahkanolehpemerintahdaerah.Disampinghaltersebutpekerjaanukurtanahmerupakan  halsangatpentingdalammerencanabangunankarenadapatmemudahkanmenghitungrencana biaya.




                       
                                   


                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar